RSS

A Perfect Facade Part 19

02 Apr

for Shilla

WARNING!!!!! LONG AND BORING CHAPTER!

See previous chapter if you forgot the story line. lol

=A Perfect Façade Part 19=

Shilla terdiam. Mengabaikan sebuah beban berat yang berada di pangkuannya. Kepala Siwon terdiam disana sedari tadi. Dia tidak habis pikir bagaimana semuanya berujung seperti ini. Dengan kepala Siwon bersandar di pangkuannya, kaki jangkung pria itu terlipat –menyesuaikan dengan panjang sofa tempat keduanya berada kini.

Shilla tidak membencinya. Tidak. Wanita itu pun juga tidak serta merta menyukainya. Hanya saja, dalam posisinya saat ini, wanita itu merasa nyaman. Entah untuk alasan apa. Mungkin kenyataan bahwa saat ini boss-nya itu tidak terlihat seperti pria angkuh yang biasa ia temui, melainkan hanya seperti seorang anak 5 tahun yang butuh dekapan dan kasih.

Televisi di depan keduanya terbiarkan menyala. Keduanya sama-sama menatap ke depan –ke arah TV- tapi keduanya sama-sama tidak menaruh perhatian disana. Terlarut dengan pemikiran mereka yang menerawang entah kemana.

Tangan Shilla terjulur, perlahan menyisir rambut hitam Siwon dengan jemarinya. Kalau ditanya kenapa wanita itu melakukannya, maka ia akan menjawab dengan sebuah kalimat penyangkalan. Nyatanya ia tahu alasannya. Hanya saja untuk sementara biarlah dirinya beranggapan bahwa dirinya melakukan itu karena ia tahu gesture tersebut akan menenangkan sang pria yang berada di pangkuannya.

“Kau terlihat seperti anak lima tahun yang begitu lemah saat ini” gumamnya. Melepaskan keheningan yang menyulubungi.

I was never…strong. Semenjak Eoma tiada…” Siwon menjawab lirih. Mau tak mau memorinya kembali berputar pada tragedi menyakitkan dalam hidupnya. Sesuatu yang untuk beberapa saat menghilang tepat ketika tangan Shilla menyisir lembut rambutnya.

Kilasan memori berputar silih berganti dalam benaknya. Berujung pada memori mengiris hatinya beberapa waktu lalu bersama sang ayah. Percakapan dari hati ke hati yang menurutnya melemahkannya. Hingga kini berakhir pada dirinya merajuk dalam pangkuan Shilla.

Tell me about it!” bisik Shilla. Siwon paham apa yang wanita itu inginkan. Pria itu menghela napasnya singkat kemudian berucap.

“Eoma adalah satu-satunya sumber kekuatanku selama ini. Dan semenjak kepergiannya aku juga kehilangan alasan untuk kuat. Terdengar berlebihan, tapi aku bahkan kehilangan alasan untuk tersenyum semenjak ia tiada. Kenyataanya aku hanyalah remaja yang lemah saat itu. Dan aku membencinya” Siwon menghela napasnya berat. Helaian tangan Shilla yang tak berhenti di kepalanya membuatnya sedikit lebih baik sejujurnya.

“Lihatlah bagaimana Eoma menderita karena ia begitu lemah. Hingga napas terakhirnya ia bahkan begitu lemah dan hanya bisa pasrah menerima semua pahit hidupnya. Dan aku sama sekali tidak berminat untuk memiliki nasib yang sama. Tidak berminat untuk menjadi lemah atau bahkan hanya terlihat lemah di mata orang”

That is why you put a mask on your face? Just like a façade to hide your real feeling?” Shila perlahan berucap. Siwon menolehkan kepalanya kemudian menganggukkan kepalanya.

Because I don’t have anyone to protect me. I don’t want people to look down on me if I show them my weak side. That is why I tried to look tough in every way possible” aku Siwon. shilla menganggukkan kepalanya mengerti.

Kalau ia ingin bicara jujur, maka sebenarnya Shilla sudah memahami hal ini. Memahami bahwa apa yang Siwon tunjukkan selama ini bukanlah dirinya yang sebenarnya. Hanyalah sebuah kedok untuk menutupi betapa rapuh hatinya. Shilla memahami jauh sebelum Siwon mengungkapkan kalimat itu. Hanya, Shilla ingin mendengar Siwon mengakuinya sendiri dengan mulutnya. Ia hanya ingin Siwon lebih terbuka. Membuka hatinya, membuka segala bentuk emosi yang selama ini ia pendam.

“Melihat betapa lemah Eoma membuahkan derita begitu dalam membuatku berpikir bahwa aku tidak perlu hidup sepertinya” tekan Siwon.

She was a strong woman in my opinion.” Shilla berucap. Siwon untuk sekilas mendongakkan kepalanya dan berhadapan dengan mata Shilla. Tidak lama hingga akhirnya ia kembali memiringkan kepalanya di pangkuan Shilla.

“Kenapa kau berpikir begitu?” lirihnya bertanya. Shilla tersenyum simpul meski ia tahu dalam posisinya saat ini, Siwon tidak mungkin bisa melihat senyumnya.

“Karena seseorang yang lemah tidak akan bertahan jika ia mengalami apa yang ibumu alami selama ini. Sebagai wanita yang bertahan begitu lama meski ia tahu bahwa suaminya tidak pernah menginginkannya, dia begitu kuat menurutku. Begitu kuat mempertahankan keluarganya yang ia tahu tidak pernah bisa sempurna layaknya keluarga normal biasanya. Begitu kuat menutup luka hatinya di hadapan putranya. She was indeed strong, don’t you think so?”

Mata Siwon memanas entah bagaimana. Mendengar ucapan Shilla tentang seberapa kuat ibunya nyatanya membuat hati Siwon mencelos perih. Membuatnya seolah merasakan luka yang ibunya rasakan. Dan ia harus mengakui bahwa ucapan Shilla benar adanya. Ibunya adalah orang yang begitu kuat.

“Dia wanita yang kuat tapi terlihat lemah di matamu, hm?” gumam Shilla lagi. Siwon hanya terdiam.

“Satu-satunya yang membuatnya sebagai wanita lemah adalah karena ia terlalu lemah untuk mengungkapkan isi hatinya. Terlalu lemah untuk berucap dan berujung ia menelannya sendiri. Mungkin ia terlalu lemah untuk mengakui bahwa ia tidak ada harapan bersama suaminya. She might be just too weak to give up. Tapi ketika kau melihat seberapa besar luka yang ia tahan maka kau akan melihat seberapa kuat dirinya, bukankah begitu?” kembali Shilla berucap. Dan Siwon hanya bisa diam sembari mengiyakan ucapan Shilla.

“Dia hanya terlalu lemah untuk mengungkapkan bahwa dirinya hanyalah wanita biasa –wanita yang lemah yang membutuhkan perlindungan. Mungkin kalau ia cukup kuat untuk mengatakannya, mungkin takdir akan berkata lain. Mungkin ayahmu akan lebih mengerti dan peduli padanya. Mungkin.”

Dan kini air mata Siwon benar-benar keluar dari kelopak matanya.

“Manusia bisa lemah atau kuat tergantung dari mana kau menilainya. Jadi, berhentilah berusaha menutupi dirimu yang sebenarnya dengan berpura-pura kuat. Kalau kau memang lemah katakan-lah. Tidak semua orang akan menilai dirimu rendah hanya karena kau lemah untuk sesaat. Berhenti menyiksa dirimu dengan semua kedok kuat yang kau jaga selama ini. Berhenti bersikap seperti dewa yang tidak mengenal sakit dan lemah. You are only human, so please act like one.” Tutur Shilla. Siwon masih membungkam mulutnya.

“Sama seperti dirimu saat ini. Kau terlihat begitu lemah menurutku, tapi apa aku menganggapmu rendah atau hina karena itu? Tidak. Aku justru bersyukur karena aku bisa melihat sisi ini dari dirimu. Setidaknya aku masih bisa merasakan bahwa kau manusia biasa. Bahwa kita berdua sama. Nyatanya sikap sok kuat dirimu selama ini membuatku merasa seperti kita berbeda –seperti kita berada pada dimensi yang berbeda. Dan aku tidak suka perasaan itu” lanjut Shilla. Siwon hanya diam mendengarkan.

“Cobalah untuk lebih jujur dengan perasaanmu. Dengan begitu kurasa beban hatimu akan sedikit berkurang, hm?” tambah Shilla. Tangannya kembali membelai lembut puncak kepala Siwon. seolah seperti seorang ibu yang tengah menenangkan buah hatinya.

“Apa itu mudah?” tanya Siwon. pertanyaan itu tentu saja membuahkan pertanyaan besar di kepala Shilla.

“Apa?”

“Membuka diri?” tanya Siwon ragu. Suaranya terdengar lirih. Shilla hanya tersenyum mendengarnya.

“Kenapa kau berpikir bahwa itu sulit? Kau hanya perlu lebih mengekspresikan dirimu. As simple as that”

Siwon berdecak singkat. “Nyatanya aku hanya mampu melakukannya di depanmu” gumamnya. Shilla terdiam singkat mendengar ucapan Siwon. secercah perasaan bangga mengusik dadanya. perasaan hangat dan mendebarkan itu nyatanya membuatnya tersenyum simpul.

Then try it on somebody else. Try to forgive and forget! ” ujar Shilla. Siwon kembali menatap Shilla. Berusaha menatap kedua mata Shilla yang entah sejak kapan memberi efek spesial untuknya.

“Tapi aku tidak tahu bagaimana cara memaafkannya” ungkap Siwon lirih. Shilla membalas tatapan Siwon dengan hangat. Wanita itu tahu siapa orang ketiga yang Siwon sebutkan. Dirinya hanya bisa memberi Siwon senyuman tipis.

“Kenapa begitu?”

Siwon membuang pandangannya. “Luka yang ia torehkan rasanya terlalu dalam untuk bisa begitu saja aku maafkan. Alasan tidak logisnya –kenapa mengabaikanku- tak bisa aku terima begitu saja. Dan rasanya akan sulit untukku memaafkannya.” Ucap Siwon. ia menyeringai singkat.

“Kejam ya?” tanyanya menerawang. Shilla tak menjawab pertanyaan pria di pangkuannya. Wanita itu terdiam sejenak. Mungkin memikirkan jawaban apa yang layak ia ucapkan.

“If it’s so hard to forgive then just forget for a while.” Gumamnya. Siwon kembali memfokuskan pandangannya pada Shilla.

“Aku tahu ayahmu melakukan begitu banyak kesalahan padamu dan pada ibumu. Kalau memang begitu sulit untuk memaafkannya maka lupakanlah. Lupakan derita yang terukir karena kesalahannya. Jika itupun kau tidak sepenuhnya bisa maka lakukan perlahan. It’s never good to keep your hatred and pain.”tutur Shilla. Siwon hanya memandangnya datar.

He’s your father after all, no matter how big his mistake is. Aku tidak memintamu untuk serta merta memaafkannya. Karena pada kenyataanya di dunia ada banyak hal yang tidak mudah untuk dimaafkan. Banyak hal yang terkadang sulit untuk dipertimbangkan hanya karena alasan ikatan darah semata. Aku tahu seberapa perih lukamu karena hal ini, tapi kumohon cobalah untuk melupakannya. Ada banyak hal di dunia ini yang lebih indah daripada memikirkan luka berkepanjangan. Just enjoy your life, hm?” ujar Shilla. Ia mengulas senyuman hangat untuk Siwon.

Mata pria itu menatap Shilla dalam. Untuk sesaat pria itu hanya terdiam. Mungkin merenungkan ucapan Shilla. Tak lama ia bangkit dari posisinya, masih tak melepas pandangannya.

May I hug you?”

“Eh?” Shilla terhenyak dengan pertanyaan tiba-tiba Siwon. belum sempat ia menjawab pria itu sudah menghadiahinya dengan sebuah pelukan. Tidak peduli menunggu jawaban dari sang wanita. Siwon meletakkan dagunya di pundak Shilla. Mendekap erat wanita itu.

Mata Shilla hanya mengerjap. Terdiam dalam pelukan Siwon. Nyatanya ia tidak tahu harus melakukan apa. Apakah harus membalas pelukan pria itu ataukah menepisnya. Dia terhenyak, iya. But not in a bad way.

“H-hya…” Shilla berusaha berucap di tengah gugup yang kini ia rasakan. Sedetik lalu keduanya berada dalam posisi nyaman satu sama lain tapi kenapa rasanya tiba-tiba dirinya kini merasa gugup dan canggung.

I miss my mom” bisik Siwon di telinga Shilla. Membuat wanita itu serta merta terpaku dalam pelukan Siwon.

And your hug somehow reminds me of her.” Lanjut Siwon masih dengan suara lirihnya.

Keduanya kembali larut dalam keheningan. Siwon memejamkan matanya, mencoba mengumpulkan memori betapa nyamannya berada dalam pelukan sang ibu. Dan entah bagaimana semua memori itu datang satu demi satu. Menyeruak layaknya roll film yang terputar rapi. Yes Shilla has this effect on him. Always reminds him of his dear mother.

Shilla bisa merasakan bagaimana kerinduan Siwon pada sang ibu. Membuat wanita itu berempati dan melingkarkan tangannya di pinggang Siwon. Memutuskan untuk membalas pelukan sang pria –kalau itu bisa sedikit menyembuhkan luka hatinya.

Dan sejujurnya hal itulah yang Siwon butuhkan. Pelukan hangat yang membuatnya sadar bahwa ia tidak sendiri. Bahwa ia masih memiliki seseorang untuk berbagi kisahnya. Memiliki seseorang yang bersedia berdiri di sampingnya. At least he won’t feel like he’s trapped in so called loneliness anymore.

=A Perfect Façade Part 19=

Entah untuk keberapa kalinya Shilla melirik ke arah Siwon. Memperhatikan wajah tidak fokus dan gelisah miliknya. Meski ia berusaha sekuat tenaga menutupi perasaan itu dan tetap fokus dalam memimpin rapat, tapi Shilla cukup tahu kalau boss-nya itu tengah bergumul dengan pikirannya. Dan wanita itu paham betul apa yang tengah mengganggu pikiran boss nya itu.

Sayangnya wanita itu tidak memiliki kuasa untuk menghentikan meeting yang tengah berjalan itu. Satu-satunya yang bisa ia lakukan hanyalah duduk mengamati sembari berdoa kalau meeting akan segera selesai. Yes, she worries over him.

Dan sepertinya doanya terkabul. Meeting itu selesai dalam hitungan menit. Setidaknya satu meeting terselesaikan untuk hari itu. Meski sejujurnya masih ada dua meeting lain yang harus boss-nya itu hadiri.

Wajah lelah dan gusar kentara jelas dari muka pria itu. Ia menghempaskan napas singkat. Shilla memberanikan diri mendekatinya.

“Perlu aku batalkan meeting selanjutnya? Aku bisa reschedule kalau kau mau” tawaran Shilla nyatanya mengagetkan Siwon. membangunkannya dari lamunannya.

“Huh?”

Shilla menatap pria itu tenang. “Pikiranmu saat ini tidak disini, bukan? Jadi kurasa kau tidak akan bekerja dengan baik dengan semua kerisauanmu”

“Aku baik-baik saja”

“Kalau kau mengkhawatirkannya maka jangan ragu untuk melihatnya. The surgery is a big deal anyway. Entah operasi itu berhasil atau tidak –yang aku yakini akan berhasil- tapi kurasa kau akan lebih tenang kalau kau ikut menunggu di rumah sakit.”

Siwon hanya terdiam.

“Kka! Aku akan handle pekerjaanmu hari ini. Kalaupun kau memaksakan diri bekerja itu juga tidak akan efektif dengan pikiranmu yang selalu berkelana. Jadi pergilah! Akan aku reschedule meetingnya, hm?” tawar Shilla. Siwon memandangnya dalam. Wanita itu menganggukkan kepalanya meyakinkan.

“Pputakae…”

“Hm. pergilah! Aku akan menyusul setelah office hour.” Janji Shilla. Siwon tersenyum mengerti sebelum akhirnya meraih kunci mobilnya, segera meninggalkan kantor dan menuju tempat yang membuatnya khawatir.

=A Perfect Façade Part 19=

Ragu Siwon berjalan mendekati dua sosok yang kini tengah terduduk gusar di depan pintu ruang operasi. Ya, Yijung dan Kyuhyun. Keduanya tengah menunduk –mungkin berdoa agar Kiho yang kini berada di ruang operasi baik-baik saja.

Yijung adalah orang pertama yang mendongakkan kepalanya ketika ia menyadari ada sesosok lain yang mendekati mereka. Sedetik pertama wanita tengah baya itu terhenyak sebelum akhirnya menyunggingkan senyumnya. Mendapati Siwon mengesampingkan egonya dan datang menunggui ayahnya yang tengah dioperasi adalah hal yang patut di hargai. Sangat.

“Wasseo?” tanyanya lirih. Pertanyaan itu membuat Kyuhyun ikut mendongakkan kepalanya. Sama seperti ibunya, tidak menyangka bahwa kakak tirinya itu akan hadir.

Siwon hanya berdiri canggung untuk sesaat. Ia tidak menjawab pertanyaan Yijung dan sejujurnya Yijung sudah terbiasa dengan perlakuan Siwon. pria itu memilih untuk duduk, jauh dari tempat Yijung dan Kyuhyun terduduk.

Yijung mengamati Siwon cukup lama. Melempar pandang pada Kyuhyun putranya dan membisikkan sesuatu di telinga sang putra.

“Kau bisa keluar sebentar? Beli kopi atau semacamnya. Ada hal yang harus Eoma bicarakan pada kakakmu” ujar sang ibu. Kyuhyun memandang Yijung tak yakin pada awalnya. Tapi toh pria itu memilih untuk mengikuti kata sang ibu.

Seiring dengan berlalunya Kyuhyun, Yijung mendekati Siwon yang nampaknya tidak peduli kemana Kyuhyun pergi. Pria itu masih menatap kosong lantai rumah sakit.

“Terimakasih kau mau datang. Ayahmu akan senang kurasa” ucap Yijung memulai pembicaraan. Siwon menolehkan kepalnya dan menatap Yijung jengah. Masih tak berucap sedikitpun.

GRAB

Siwon sontak terhenyak ketika ia merasakan tangan hangat Yijung menyentuh jemarinya. Tidak suka, Siwon melepas sentuhan itu sesegera mungkin.

“Aku tahu ribuan bahkan jutaan maaf tidak akan pernah cukup untuk menebus semua dosa ku dan ayahmu.”

“Kalau kau tahu maka tak perlu repot meminta maaf” balas Siwon dingin. Yijung hanya membalasnya dengan senyuman tipis.

“Tapi aku tetap harus meminta maaf. Entah kau akan menerima atau tidak” jawab Yijung tenang.

“Keunde…kau harus tahu bahwa ayahmu sangat mencintaimu Siwon-ah” ucap Yijung menerawang. Siwon hanya berdecak. Sudah sering ia mendengar kalimat itu tapi rasanya ia tidak punya cukup bukti untuk membuktikan kebenaran kalimat tersebut.

“Dan kurasa dosaku begitu besar hingga membuatmu tidak merasakan demikian”

“Kalau kau tahu maka berhentilah membelanya” timpal Siwon dingin. yijung hanya kembali melempar senyumannya.

“Tapi aku tidak pernah menyesal mencintai ayahmu” ucapan dari Yijung itu nyatanya membuat Siwon –untuk sesaat- membelalakkan matanya. Menatap Yijung tidak mengerti. Tidak habis pikir bagaimana kalimat itu keluar dari bibir wanita paruh baya itu tanpa rasa bersalah.

Is she showing me her true color now? That she is indeed a damn witch?

Yijung membalas tatapan Siwon. tapi tidak sedikitpun wanita itu menunjukkan seringaian atau aura buruk. Dan jujur itu membuat Siwon mengenyitkan dahinya tidak mengerti.

Yijung tersenyum tipis kemudian berucap, “Aku tidak pernah menyesal mencintai ayahmu, Siwon-ah. Yang aku sesalkan adalah….karena aku mencintainya dengan egois.”

“Mwo?” kembali Siwon mengernyit bingung. Dan lagi-lagi ia disuguhi dengan senyuman tipis dari ibu tirinya. Meski kini ia seidkit melihat gurat penyesalan dalam senyuman yang wanita itu tunjukkan.

“Tidak ada yang salah dengan mencintai seseorang, bukan? Dan aku pun merasa demikian. Yang salah adalah ketika kita mencintai karena egoisme semata. Karena seharusnya kita mencintai seseorang dengan tanggung jawab” tutur Yijung. Ia mengalihkan pandangannya dari Siwon. kembali menatap ke depan dengan tatapan menerawang.

“Aku akui aku mencintai ayahmu begitu besar hingga mengabaikan akal sehatku. Seharusnya aku mengubur dalam-dalam rasa cintaku saat ayahmu resmi menikahi ibumu saat itu. Tapi dengan bodohnya aku masih bertahan dengan apa yang aku rasakan. Membuatku melakukan kesalahan itu.” Yijung terdiam sejenak. Berusaha mengumpulkan memorinya yang sempat terpendam.

“Kami berdua –aku dan ayahmu-, begitu terbuai dengan besarnya cinta yang kami rasakan hingga mengabaikan kenyataan bahwa ayahmu tidak layak aku cintai saat itu dengan statusnya sebagai suami ibumu. Dengan atau tanpa cinta pernikahan mereka tetap saja tidak membenarkan diriku untuk tetap mempertahankan cintaku saat itu. Aku juga wanita dan seharusnya aku cukup paham bahwa apa yang aku lakukan juga membawa perih mendalam pada wanita lain –ibumu” helaan napas keluar dari bibir Yijung.

“Dan ketika aku mulai menyadari bahwa secara diam-diam aku menyakiti hati wanita lain, aku dihantam kenyataan bahwa aku mengandung Kyuhyun saat itu.”

Siwon menatapnya tajam. Meski Yijung masih berada pada posisi yang sama tanpa membalas tatapan Siwon.

“Tapi percayalah bahwa ketika aku menyadari bahwa aku mengandung Kyuhyun, aku sudah menghilang dari kehidupan ayahmu. Aku berniat untuk membesarkan Kyuhyun seorang diri. Karena aku sadar aku tidak sepatutnya hadir dalam kehidupan rumah tangga ayahmu. Merusak rumah tangganya” kembali Yijung menghela napas dalam.

“Kalau kau sadar kenapa kau datang saat itu” gumam Siwon. memori tahunan silam ketika Yijung dan Kyuhyun datang dalam kehidupannya mau tak mau terputar di benaknya.

“Aku tidak berniat untuk datang Siwon-ah” lirih Yijung.

“Kau pikir aku akan percaya?” tanya Siwon dingin. yijung menggelengkan kepalanya.

“Ayahmu mencariku. Menemukanku dan Kyuhyun yang saat itu sudah berumur 4 tahun. Aku ribuan kali menolak ajakannya untuk kembali. Tapi…” Yijung menggantungkan kelimatnya. Menimang apakah seharusnya ia membeberkan semua masa lalu itu pada Siwon.

“Tapi apa? Tapi kau mengikuti kembali ego dirimu dan memilih untuk menghancurkan rumah tangga orang?” respon Siwon dengan dingin. yijung menggelengkan kepalanya lemas.

“Eoni…dia…”

Siwon terdiam spontan mendengar kata dari Yijung. Ia tidak bodoh untuk menyadari siapa “eoni” yang dimaksud Yijung. Dan ia bersumpah detak jantungnya berdetak kencang saat itu.

“Ibumu memintaku datang” ucapan lirih itu nyatanya terdengar cukup keras di telinga Siwon.

“Omong kosong apa yang kau bicarakan?” nada ucapan Siwon mau tak mau naik mendengar pengakuan Yijung.

“Waktu-waktu dimana ayahmu sering tidak pulang ke rumah adalah waktu dimana ia datang dan menemuiku dan Kyuhyun, dan kurasa ibumu pada akhirnya menyadari kemana ayahmu pergi. Ia mendatangiku suatu hari” Yijung kembali terdiam.

Yijung tersenyum perih. “Aku masih ingat wajah kecewa yang ibumu tunjukkan saat itu. Aku bisa merasakan perih saat ia datang, menyadari bahwa suaminya memiliki keluarga lain di belakangnya. Rasa bersalahku bergumul saat itu. Perih yang ibumu rasakan mau tak mau aku rasakan juga saat itu. Dan yang membuatku menangis perih saat itu bukan ucapan menyakitkan yang aku harapkan keluar dari bibirnya. Tapi…” Yijung tak kuasa melanjutkan ucapannya. Air matanya keluar.

“Tapi permintaannya untuk membawaku dan Kyuhyun ke rumahnya.”

Apa yang Yijung ucapkan benar-benar tidak bisa Siwon terima begitu saja. Ibunya tidak mungkin melakukan hal itu. Membawa wanita lain ke rumah tangga adalah seperti mengancurkan rumah tanggamu sendiri.

Aniya. Eoma tidak mungkin sebodoh itu.

“Sulit dipercaya, bukan? Karena aku sendiri juga tidak percaya saat itu.” Yijung memberanikan diri menatap Siwon.

“Ibumu bilang bahwa Kyuhyun membutuhkan keluarga yang sempurna. Seberapapun peliknya hubungan diantara kami, tapi anak-anak itu –kau dan Kyuhyun-, tetap membutuhkan sebuah keluarga yang layak. Membutuhkan orang tua yang dipanggil ayah dan ibu” tetesan air mata di kelopak Yijung tidak berhenti.

“Aku tidak pernah bertemu dengan wanita semulia dan setegar ibumu Siwon-ah. Ketika wanita lain memilih mencaci makiku dia justru memintaku datang.”

Untuk sesaat keduanya hanya diam.

“Tapi kau bisa menolak, kan?” Yijung hanya tersenyum mendengar pertanyaan dari Siwon. menduga sebelumnya bahwa Siwon akan melontarkan pertanyaan itu.

“Bisa”

“Lalu kenapa kau tidak menolak?”

“Karena alasan lain kenapa ibumu memintaku datang adalah dirimu”

“Omong kosong apalagi yang kau ucapkan, huh?” Siwon sontak berteriak tidak percaya. Tapi kalimat berikutnya yang Yijung ucapkan membuat Siwon terhenyak.

“Karena dia berpikir, dengan memintaku dan Kyuhyun ke rumahnya, maka tidak akan ada alasan untuk ayahmu meninggalkan rumah”

Kalimat itu rasanya bagai petir yang menyambar. Hati Siwon mencelos.

“Dengan begitu, kau akan memiliki ayah yang selalu kau rindukan sepenuhnya. Kau akan tetap memiliki keluargamu yang utuh begitu pula Kyuhyun. Karena alasan itu aku tidak kuasa menolak permintaan ibumu Siwon-ah.”

Siwon memalingkan mukanya. Matanya memanas seketika. Terputar di benaknya bagaimana saat itu ia selalu merengek menanyakan sang ayah. merengek kepada sang ibu untuk meminta sang ayah lebih sering pulang. Meminta sang ibu untuk mendatangkan ayahnya. Ia tidak pernah berpikir bahwa rengekan kekanakannya saat itu adalah alasan dari kepedihan sang ibu.

“Tidak. Tidak. Itu omong kosong” gumaman Siwon hanyalah seperti mantra penolakan dari Siwon.

“Sulit dipercaya tapi itulah ibumu. Wanita yang begitu kuat yang merelakan segalanya demi orang yang ia cintai. Memilih untuk mengorban perasaannya demi kebahagian yang ia cintai. Cintanya padamu begitu besar hingga membuatnya meredam perih di hatinya sendiri. Siapa wanita yang akan baik-baik saja saat tinggal bersama orang ketiga dalam rumah tangganya? Dan itulah yang selama ini selalu membuatku merasa hina” dada Yijung terasa sesak. Membuatnya untuk sesaat terhenti untuk menghela napasnya.

Siwon masih menolak untuk percaya. Menolak untuk percaya bahwa dialah alasan kenapa ibunya menderita dan meredam perih seorang diri. Bahwa bukan Yijung atau Kyuhyun yang patut ia salahkan melainkan dirinya sendiri.

“Kalau seandainya waktu bisa berputar kembali maka aku tidak ingin menjadi wanita hina yang melukai hati wanita lain. Untuk apapun alasannya. Kalau waktu bisa berputar kembali maka kurasa aku tidak ingin berada di posisi ini. Posisi yang seolah aku mendapat segalanya padahal aku tak lebih dari wanita egois tak berperasaan.” Yijung menyeka air matanya.

“Kau salah kalau kau mengira aku menginginkan semua ini. Aku tidak pernah berniat sedikitpun untuk merusak rumah tangga mereka. Aku tidak pernah berniat sedikitpun untuk merebut ayahmu dari sisi ibumu. Dan kau salah kalau kau mengira aku menikmati kebahagiaanku bersama ayahmu. Kau tahu kenapa?” Yijung bertanya dengan uraian air matanya.

“Karena sedetikpun aku tidak pernah berhenti menyalahkan diriku atas rasa bencimu pada ayahmu. Menyalahkan diriku atas semua derita yang ibumu rasakan. Semua sikap baiknya, semua keteguhan dan kebaikannya nyatanya juga melukaiku Siwon-ah. Karena aku…” Yijung tercekat singkat.

“….menyadarkanku betapa rendah dan hina diriku. Tidak ada wanita yang bangga disebut sebagai perusak rumah tangga orang. Dan sama halnya denganku. Perasaan bersalah dan hina kian hari kian mencekikku Siwon-ah. Aku tidak pernah berniat menjadi sebab dari semua ini. Mianhae…jeongmal mianhae”

Yijung kini tergugu. Membekap mulutnya untuk menghindari suara isaknya terdengar keras. Meluapkan semua derita yang bertahun-tahun selalu berusaha untuk ia tutupi.

Siwon menatap wanita paruh baya itu datar. Pandangan matanya kosong tapi sedetikpun ia tak pernah mengalihkan perhatiannya dari wanita yang kini menangis pilu di sampingnya. Kenyataan yang baru saja ia cerna di otaknya nyatanya lebih sakit daripada kenyataan pahit di balik perlakuan sang ayah terhadapnya.

Tanpa ia sadari setetes air mata terjatuh dari pelupuk matanya. Membuatnya sadar bahwa setiap orang dalam keluarganya memiliki duka masing-masing. Melihat Yijung kini tergugu di sebelahnya, membuatnya bisa sedikit membuka mata. Bahwa nyatanya wanita yang pernah ia hormati itu juga memendam derita tersendiri. Bahwa tidak ada yang sepenuhnya jahat dalam kisah mereka. Dan jujur Siwon merasa iba pada Yijung saat itu.

Perlahan Siwon mengulurkan tangannya. Meraih Yijung yang belum berhenti terisak. Untuk pertama kalinya semenjak kepergian sang ibu, Siwon menyentuh Yijung dengan lembut. Bukan lagi tepisan tangan dingin dari Siwon. Bukan lagi hentakan tangan kesal seperti yang selalu ia berikan pada YIjung ketika wanita itu hendak meraihnya.

Melainkan sebuah dekapan lembut. Dan nyatanya gesture itu semakin membuat Yijung tergugu. Sedetik pun ia tidak pernah membenci Siwon, terlepas dari semua sikap Siwon yang selalu dingin dan kasar padanya. Yijung tidak pernah membencinya. Wanita itu sadar bahwa ia layak mendapatkan semua perlakuan itu.

Dan kini ketika Siwon meraihnya, Yijung mau tak mau merasakan haru mendalam.

“Maaf. Maafkan aku, Siwon-ah. Aku tahu aku layak kau benci tapi kumohon berhenti membenci ayahmu. Jebal…” Yijung bersuara serak.

“Aku tahu aku tidak layak kau maafkan. Tapi kumohon bantu aku untuk sedikit saja merasa tenang. Berhentilah membenci ayahmu! Setidaknya rasa bersalahku karena merusak hubunganmu dengan ayahmu akan sedikit berkurang. Mianhae. Maafkan aku”

Yijung hanya terus mengucapkan maaf setelahnya. Selama ini ia tidak pernah memiliki kesempatan untuk meminta maaf pada Siwon secara layak. Jadi rasanya inilah saat yang tepat. Entah Siwon akan menerima atau tidak, setidaknya rasa pilu di hatinya sedikit berkurang.

=A Perfect Façade Part 19=

Tangan pria itu terjulur. Menyeka air matanya. Tubuhnya tersandar di balik dinding tepat di ujung lorong rumah sakit itu. Ia memejamkan matanya singkat, berusaha menghalau luapan air mata yang rasanya akan berontak keluar lagi.

Adegan yang baru saja ia saksikan nyatanya membuat hatinya bergetar perih. Paper bag berisikan dua buah cup kopi hangat ia tenteng di tangan kirinya sementara tangan kanannya masih berusaha menyeka dan menghentikan air matanya.

Ia hanya bisa berdiri diam menyaksikan adegan memilukan itu. Tidak kuasa menggerakkan kakinya mendekat. Tidak kuasa ikut campur dalam sebuah momen berharga –menurutnya. Menyaksikan kakak iparnya untuk pertama kalinya melembut adalah hal yang selalu ia impikan. Dan pada akhirnya ia menyaksikannya.

Ia kembali menyeka air matanya sebelum akhirnya memilih untuk meninggalkan spot yang beberapa menit lamanya ia tempati. Memberi waktu untuk ibu dan kakaknya untuk lebih bicara hati ke hati.

=A Perfect Façade Part 19=

Kyuhyun terdiam. Membiarkan sepoi angin membelai lembut rambutnya. Dirinya terduduk di bangku yang berada tepat di belakang rumah sakit itu. Well, pada dasarnya rumah sakit itu dilengkapi dengan sebuah halaman luas di belakangnya. Tidak sedikit ia melihat beberapa pasien disana untuk sekedar menghirup udara segar.

Pria itu sontak menolehkan kepalanya ketika ia menyadari bahwa seseorang menempati spot di sebelahnya. Sedikit terhenyak dirinya melihat Shilla yang tersenyum simpul.

“Tidak keberatan aku duduk disini, kan?” tanya Shilla tiba-tiba. Kyuhyun berdecak singkat.

“Sejak kapan kau sesopan ini padaku?” balas Kyuhyun. Shilla hanya membalasnya dengan kekehan kecil.

“Kenapa disini?” Kyuhyun lanjut bertanya.

“Tadi aku berniat menjenguk sajangnim tapi saat di lobby aku melihatmu keluar. Jadi aku pikir untuk mengikutimu”

Stalker much?” canda Kyuhyun. Shilla kembali terkekeh.

Well, it’s been awhile since we talk. Jadi tidak ada salahnya, kan?”

“Ehm. It’s been awhile” gumam Kyuhyun setuju. Kalau dipikir keduanya bahkan sudah lama tidak menghabiskan waktu bersama. Sudah lama tidak saling bertemu sekedar menanyakan kabar. Beberapa isu yang terjadi di sekeliling mereka nyatanya membuat kedua sahabat itu menjauh tanpa mereka sadari. Dan jauh di lubuk hati mereka, keduanya merindukan satu sama lain.

Shilla melirik dua buah cup kopi yang memisahkan keduanya. “Kau cenayang atau apa?”

“Huh?” Kyuhyun menoleh bingung. Matanya menangkap arah pandang Shilla.

“Sampai-sampai kau sudah menyiapkan kopi untukku. Gomawo!” ucap Shilla acuh sambil mengambil salah satu cup dan meneguknya. Kyuhyun hanya terpaku menatap kepolosan Shilla sebelum akhirnya pria itu terkekeh.

“Itu bukan untukmu. Babo!” ucapan Kyuhyun nyatanya menghentikan Shilla dalam meneguk minumannya. Ia mengerjap menatap Kyuhyun. Meletakkan kopi yang baru saja ia teguk itu seketika.

“Ah mian! Kau menunggu seseorang?”

Kyuhyun menggeleng sembari masih terkekeh. “Itu untuk Eoma dan….Hyung” Kyuhyun sedikit ragu di akhir kalimatnya. Dan keraguan itu nyatanya tidak luput dari pengamatan Shilla. Meski wanita itu terdiam tapi Kyuhyun cukup tahu bahwa sahabatnya itu tengah menunggunya melanjutkan kalimatnya.

“Aku hanya tidak ingin mengganggu mereka jadi aku disini” lanjut Kyuhyun. Helaan tipis keluar dari bibirnya.

Memori Kyuhyun sontak kembali pada beberapa menit lalu ketika ia menyaksikan kakak dan ibunya saling meluapkan perasaan masing-masing. Bagaimana untuk pertama kalinya Siwon sedikit melunak di hadapan Yijung. Bagaimana Siwon –meski ragu- memeluk ibunya yang tergugu. Senyuman tipis tanpa sadar terukir di bibirnya.

“Ada yang aku lewatkan?” tanya Shilla hati-hati. Kyuhyun menolehkan kepalanya menatap Shilla –kembali tersenyum. Dan dari senyuman itu Shilla yakin bahwa itu bukanlah sesuatu yang buruk.

I just…overwhelmed by their sudden closeness”

“Eh?” Shilla menatap Kyuhyun bingung. Ia tahu seberapa dingin Siwon pada ibu tirinya. Tatapan Siwon pada Yijung tak lebih dari tatapan kebencian yang rasanya Shilla jika ditatap seperti itu tidaklah akan bertahan. Dan ketika Kyuhyun mengatakan kalimat itu sontak membuat Shilla bingung.

Kyuhyun mau tak mau menceritakan secuil kisah yang ia saksikan. Membuat Shilla mau tak mau ikut tersenyum mendengarnya. Meski ia juga bisa menangkap sedikit perih dari nada bicara Kyuhyun.

You should be happy but why I catch a glimpse of pain?” ujar Shilla jujur. Kyuhyun hanya tersenyum simpul. Sahabatnya itu memang pengamat yang handal.

“Aku hanya tidak pernah menyadari derita yang Eoma pendam hingga tadi. Dia selalu bersikap seolah semua baik-baik saja. Kurasa semua ibu di dunia ini begitu, huh? Selalu berusaha tegar untuk buah hatinya.” Ungkap Kyuhyun.

Ucapan itu nyatanya membuat Shilla mau tak mau teringat akan mendiang ibunya. Ucapan Kyuhyun benar adanya. Ia ingat betul bagaimana ibunya selalu mengusahakan yang terbaik untuknya, bagaimana ibunya selalu terlihat kuat dan bahagia. Pada dasarnya setiap ibu di dunia ini memiliki duka mereka masing-masing tapi selalu menganggapnya tiada di depan sang buah hati. That is how great a mom is.

Shilla meraih tangan Kyuhyun. “Ibumu akan baik-baik saja. Jadi berhenti membuatnya khawatir, hm?”

“Kurasa Eoma lebih khawatir pada Siwon Hyung ketimbang diriku”

“Kenapa kau berpikir begitu?”

“Kurasa rasa bersalahnya membuatnya begitu. Ia selalu memperhatikan Siwon Hyung meski ia tidak pernah menghargai upaya Eoma. Kerap aku membenci Hyung karena selalu membuat Eoma terluka tapi kurasa aku tidak punya cukup nyali. Menyadari bahwa aku hanya akan memperburuk suasana kalau ikut bicara” helaan napas Kyuhyun keluar dari bibirnya.

“Dia tidak pernah sepenuhnya membenci kalian” ucap Shilla tiba-tiba. Kyuhyun sontak menatap Shilla.

“Dia menyalahkan keadaan iya, tapi ia tidak pernah sepenuhnya membencimu.”

“Bagaimana kau bisa seyakin itu?”

Shilla tersenyum tipis. “Well, dia cerita padaku?” ucap Shilla hati-hati. Takut Kyuhyun tidak percaya akan ucapannya. Mengingat sikap keras dan tertutup Siwon rasanya sulit dipercaya kalau pria itu menceritakan hampir semua kisahnya pada Shilla.

Tapi Kyuhyun percaya. Ia cukup menyadari bahwa kakak tirinya nyatanya berubah menjadi manusia lain di hadapan Shilla. Lebih baik tentu saja.

“Lagipula dia tidak mungkin menyelamatkanmu saat itu jika ia tidak peduli padamu. Dia hanya terlalu pintar menutupinya” ucap Shilla. Kyuhyun paham insiden apa yang membuat Shilla bicara seperti itu. Saat itu ia juga sangat takjub mendapati Siwon menyelamatkannya. Meski setelahnya sang kakak menghadiahinya dengan pukulan tapi Kyuhyun bisa kembali merasakan sang kakak yang ia rindukan saat itu.

Thank you”gumaman lirih Kyuhyun nyatanya membuat Shilla terhenyak singkat. Tidak mengerti kenapa pria itu berterimakasih padanya.

“Wae?”

Kyuhyun menatap Shilla sembari tersenyum simpul. “Terimakasih untuk berada di sisinya. Thanks for being there for him when us –his family- can’t”

Ucapan Kyuhyun itu nyatanya membuat Shilla tersentak. Tidak pernah menyangka kalimat itu akan keluar dari bibir Kyuhyun.

“Kurasa aku sempat salah mengartikan semua sikapnya padamu. Kupikir dia hanya berniat mempermainkanmu. Aku tidak pernah berpikir bahwa pria sedingin dirinya akan bersikap tulus pada seseorang. Pada dasarnya aku terlalu tidak memahaminya.” Ungkap Kyuhyun. Shilla hanya menepuk pundaknya.

Shilla menghela napasnya. “Kenapa kalian ini suka sekali mempersulit keadaan, huh?”

“Mwo?”

“Kalian saling peduli satu sama lain tapi bersikap seolah tidak. Kalian mengerti satu sama lain tapi bersikap seolah kalian tidak. He cares for you and you do so stop being stupid. Just reconcile you two!” ucap Shilla jengah. Dia tidak marah, hanya sedikit frustrasi karena kakak beradik itu sama-sama keras kepala. Dan terkadang hal itu membuat Shilla jengah.

Well, they are indeed brothers. Stubborn brothers.

“Kalian berdua harus sama-sama menurunkan ego kalian. Tapi kurasa pria sombong itu yang harus lebih dulu menurunkan egonya” Shilla bergumam. Lebih pada dirinya sendiri. Kyuhyun hanya menatapnya diam.

“Shilla-ya…”

“Hm?”

Kyuhyun menatap Shilla dalam. “Tell me, why you seem to have so much faith in him? Kurasa kebanyakan orang akan memilih menjauh darinya tapi kau tidak. Ketika aku memperingatkanmu tentang Siwon Hyung kau bahkan tidak percaya ucapanku. Kenapa?” tanya Kyuhyun.

Shilla terdiam sesaat. Memikirkan ucapan Kyuhyun. Sebelum akhirnya ia tersenyum simpul.

“Aku bukannya tidak mempercayaimu, Kyunie” gumam Shilla. Mengucapkan kalimat panggilan yang sudah lama tidak ia ucapkan untuk Kyuhyun. Dan rasanya Kyuhyun merindukan panggilan itu keluar dari bibir Shilla.

“Aku percaya padamu. Percaya pada ucapanmu bahwa dia berniat untuk memanfaatkanku untuk melukaimu. Aku percaya”

“Lalu kenapa? Nyatanya kau tetap berada di sisinya” tanya Kyuhyun tak mengerti.

“Karena meski aku percaya padamu tapi aku tidak pernah meragukan ketulusan Siwon padaku. Apa yang aku rasakan ketika dia memberiku perhatian bukanlah sesuatu yang dusta kurasa. Kupikir itu hanya tipuan hatiku belaka tapi ternyata tidak. Dia memang tulus” terang Shilla. Kyuhyun masih menatapnya ragu.

Shilla tersenyum lagi. “Lagipula kurasa dengan aku tetap di sisinya tidak akan menyakitimu berlebih. Iya aku dekat padamu, sahabatmu, tapi kurasa dampak yang aku timbulkan karena dekat dengan kakakmu tidaklah pada level dimana kau akan menderita. Kurasa Siwon salah akan hal itu. Keudaechi?”

Kyuhyun berdecak singkat. “You never know” gumaman lirih Kyuhyun itu nyatanya membuat Shilla mengernyit singkat.

“Eh?”

Do you really believe that what I have for you is purely a friendship?”

Shilla hanya mengerjap menatap Kyuhyun. Berusaha menanggapi pertanyaan Kyuhyun tapi satupun kata tak keluar dari bibirnya.

I used to have crush on you, Shilla-ya”

“E-eh?” Shilla terdiam seketika. Kyuhyun kembali menatap wanita yang tampak bingung itu. Bibirnya kembali mengulas senyum.

“Dan kurasa kau benar. Dia memahamiku –terlalu memahamiku- hingga ia tahu bahwa aku tulus peduli padamu. Melebihi ketulusan seorang sahabat.”

“K-kyu…”

“Dan kedekatanmu padanya nyatanya memang berdampak padaku. Jealous? Yeah. Dia benar-benar tahu bagaimana menyakitiku” ucapnya sembari tersenyum getir.

“Aku…tak tahu harus berkata apa” lirih Shilla. Kyuhyun menggelengkan kepalanya kemudian kembali mengulas senyumnya.

“Gwenchana. It’s only a crush by the way. The pain he gave me was not to the extent killing me inside. It’s not like I love you, I just have a crush on you” terang Kyuhyun. Senyuman dari bibir Kyuhyun meyakinkan Shilla bahwa semuanya telah berlalu.

“Eyyy, gwenchana. I got over it. Lagipula di sisi lain aku bahagia bahwa dia memilikimu di sisinya. He got a lot softer when he’s with you” kekeh Kyuhyun. Shilla tersenyum tipis.

people always say that. But I, myself, don’t even know if it’s true”

“Apa?”

That I have some effect on him?”

“You do” jawab Kyuhyun yakin. Shilla hanya menatapnya tidak percaya.

“Percaya padaku! Kurasa kalian saling memberi efek satu sama lain. Kau bukan anak kecil lagi, kan? Jadi kurasa kau tahu apa maksudku” ucap Kyuhyun sok misterius. Shilla berdecak singkat.

“Kaja! Kita masuk! Kurasa sudah saatnya aku kembali”

“Hya! Aku masih ingin bicara padamu!”

“Later!” tolak Kyuhyun. Tidak mempedulikan bahwa Shilla masih belum sepenuhnya bisa mencerna ucapan Kyuhyun.

=A Perfect Façade Part 19=

Siwon terduduk canggung di sebelah Yijung. Entah bagaimana tapi aura kebenciannya pada sang ibu tiri tidaklah sekuat dahulu. Perlahan memudar.

“Kau bilang kalau kau bisa memutar waktu maka kau tidak ingin berakhir seperti ini.” Siwon membuka suara. Membuat Yijung menolehkan kepalanya, menanti Siwon melanjutkan kalimatnya.

“Apa itu artinya kau menyesalinya? Bahkan menyesali memiliki Kyuhyun? Dia lahir karena kesalahanmu bukan?”

Pertanyaan itu untuk sesaat membuat Yijung terperangah. Tatapan penasaran tapi was-was yang Siwon tunjukkan membuat Yijung mau tak mau menyunggingkan senyuman tipis.

“Ada banyak penyesalan yang aku rasakan dalam hidupku. Tapi memiliki Kyuhyun bukanlah salah satunya. Aku tidak pernah menyesali memilikinya. Sama seperti aku tidak pernah menyesali mencintai ayahmu” lanjut Yijung. Dahi Siwon berkerut singkat.

“Yang aku sesali adalah bahwa aku tidak mencintai ayahmu dengan benar. Bahwa aku mencintainya dengan egoisme ku yang tinggi padahal seharusnya aku lebih bertanggung jawab”

“Apa maksudmu?”

“Tidak ada yang salah dengan mencintai seseorang. Yang salah adalah bagaimana cara kita mencintainya. Apakah kita sudah cukup bertanggung jawab dalam mencintainya”

“Aku tidak mengerti” gumam Siwon. Wanita paruh baya itu hanya tersenyum tipis.

“Aku tahu ayahmu sudah berkeluarga jadi sudah seharusnya aku bersikap sebagaimana mestinya. Bahwa seharusnya aku sudah bisa menarik batas untuk sampai mana aku harus berhubungan dengannya. Sudah sepatutnya aku menghindarinya dan menyadarkannya akan tanggung jawabnya sebagai suami. Bukan malah menerimanya dengan tangan terbuka karena kami berdua saling mencintai. Aku tahu itu salah tapi aku tetap melakukannya. Berlindung dari kedok bahwa kami saling mencintai hingga tidak memperdulikan akal sehat.” Terang Yijung.

“Seberapapun aku mencintai ayahmu tapi tidak seharusnya aku bertahan di sisinya dengan statusnya sebagai suami orang. Kalau saja saat itu aku berpikir lebih dewasa kurasa saat itu aku hanya akan menyakiti hatiku dan hati ayahmu. Tidak perlu melibatkan dan menimbulkan luka pada ibumu, kau dan bahkan Kyuhyun. Aku egois saat itu dan keegoisanku sampai saat ini membuatku terpuruk dalam penyesalan berkepanjangan” ucapnya getir.

Siwon menatapnya datar. Apa yang wanita itu ucapkan pada dasarnya masuk akal. Dan Siwon sadar bahwa wanita itu tidak buruk seperti yang ia kira selaman.

She never was. He was just being blind by his hate toward her.

 

To be continued….

 

Long time no see? It’s been months or shoud I say a year? Lol

Sorry for taking so much time to finally update this abandon story. I never intend to do so. I thought that after the end of the year I will have less work but unfortunately not. My works were not lessening even a bit after my new position at work. So I’m sorry to make you wait this long.

And due to my writer’s block, I don’t think this chapter will reach your expectation and I’m truly sorry for that.

Thanks for all of you who still willing to wait and read this. It’s mean a lot to me.

Sorry for not being able to replay all your comments.

Sorry for typos as well.

Till next time.

 

 

 

 

 

 

 

 
173 Comments

Posted by on April 2, 2015 in chapter, fanfiction

 

Tags: ,

173 responses to “A Perfect Facade Part 19

  1. SOAFyo

    April 2, 2015 at 8:41 pm

    YA AMPUUUUNNNNNNNNNNN😄

    ADA NOTIF EMAIL DAN GA TAUNYA UPDATE-AN INI HUAAAAAAAAAA >_<
    BELOM SEMPET BACA TAPI UDAH GA SABAR COMMENT, CUMA SATU YANG MAU AKU BILANG SAAT INI😄

    EONIEE, I MISS YOU SO BAD :')

    #CapslockJebol ._.v

    nanti aku balik lagi, aku mau baca dulu😉

     
  2. eylee

    April 2, 2015 at 8:50 pm

    AAAAA YA AAMPUN ISENG2 CEK KOK UPDATEEEE
    AAAAAAAA AAAA *histeris*

    Kannnn ak makin penasaran hub nya siwon sm bapknya habis ini HUHUHU
    Jgn ilang lagi ya kak😦

    Smgt terusss hihi

     
    • shilla_park

      April 2, 2015 at 9:53 pm

      haha doakan saja kerjaan saya ga numpuk terus ya haha

       
  3. tantina16hyorim

    April 2, 2015 at 8:56 pm

    ALHAMDULILLAH EONNI SHILLA COMEBACK YA ALLAH❤❤

     
    • tantina16hyorim

      April 2, 2015 at 9:23 pm

      Real SSCouple moment!
      Sikap Siwon -kata Shilla mirip anak 5tahun merajuk- yang seperti itu bikin suasana rasanya bikin mereka makin deket. Saya suka banget eonn, jeongmal❤

      *Because I don’t have anyone to
      protect me……*
      KAMU MASIH PUNYA SHILLA, WON. Kata siapa dia gak punya? Masih ada keluarga -ayah,ibu,adik- dan pastinya Shilla. Shilla itu bukan hanya sebatas sekretaris, di part ini menjadi lebih dr sekretaris. Cieeeee buka sesi curhat😀
      Semoga apa yg diceritakan Siwon bisa mengangkat beban lebih ringan seperti harapan Shilla. Dan kata" Shilla dapat menjadi semangat buat Siwon.
      This couple makes me soooooooo happy❤

      Eonni Shilla-ya, akhirnya…
      Siwon bisa bersikap baik dengan Yijung eomma. Kadangan sedih kalo liat sikap Siwon terhadap keluarganya..
      Ini pasti jadi awal yang baik !🙂

      *I used to have crush on you, Shilla-ya* …. *
      Iii bikin orang kaget bacanya, padahal cuma
      *I just have crush on you, Shilla-ya* wkwkwk

      Aku seneng banget eonni masih bisa meluangkan waktu walaupun pekerjaannya banyak. Oh eonni dapat jabatan baru ya? Chukkaeyo eon😀

       
      • shilla_park

        April 2, 2015 at 9:57 pm

        y ampyun neng ini komen panjangnya semacem great wall china lol…saya kan jd bingung bales komennya haha
        yup, it will be a good start for them…hope so…hehe

         
      • tantina16hyorim

        April 4, 2015 at 4:58 pm

        Saya senang sekali eon *o*
        Kebayar juga dengan banyak SSCouple moment❤

         
      • shilla_park

        April 4, 2015 at 5:41 pm

        Ss momen dsini hampir setengah part sndiri haha

         
  4. nayara

    April 2, 2015 at 9:10 pm

    A… ahirnya keluar juga. Lama bangat oen ?. T.T

     
    • shilla_park

      April 2, 2015 at 9:54 pm

      maklum sibuk nemenin papa siwon keliling dunia lol

       
  5. chgyul

    April 2, 2015 at 9:23 pm

    I lop yuuu author nim :*
    Stelah skian lama… masih setia mnunggu update an
    cukup puas sama puanjangnya crita. Tp kurang puas soalnya shilla siwon cuman gitu2 doang intimnya *mau nya lebih XD*
    Aah pokoknya ttp ditunggu tulisannya. Sampe cerita kelarrrr. Smoga ide nya jalan teruuus

     
    • shilla_park

      April 2, 2015 at 9:55 pm

      haha y kalo siwon shilla tiba2 intim lebih (?) malah aneh dong haha

       
  6. nanda

    April 2, 2015 at 9:27 pm

    Ahhhh eonnie doaku terkabul. Cium sini cium
    haaaaa a ngakak baca gumam nya shilla kykny dia ngomong bukan buat kyu sm siwon tp dia sm siwon biar menurunkan ego untuk menyadari perasaan mereka masing2. Nah akhirnya siwon baikan sm ibu tirinya semoga dia baikan jg sm kyuhyun. Dan semoga part depan shilla sm siwon jadian biar ada bumbu2 romance nya gt haaaaaa. Semangat eonniku happy working

     
    • shilla_park

      April 2, 2015 at 9:58 pm

      haha iya dong…btw twit kamu td keknya ga sengaja keapus deh…miaannnn😛
      haha noh kyu lg available nan, mau nyalon ga? lol

       
      • nanda

        April 3, 2015 at 5:52 am

        aduh eon laki ane t kykny lg sedikit manja2 gt abis kakaknya nikah. Btw ane lebih penasaran gmn tanggapan shilla lakinya ikutan wgm????

         
      • shilla_park

        April 3, 2015 at 7:16 am

        saya syok anafilaktik kmaren di kantor baca artikel itu nan….huwaaaaa

         
      • nanda

        April 3, 2015 at 10:32 am

        Haaaaaa kejang2 g tuh? ayo dunk ada adegan shilla marah2 krn siwon ikutan wgm. Ane kan pngn lht siwon dimarahin pake cinta eon.

         
      • shilla_park

        April 3, 2015 at 11:19 am

        Saya udah maki2 d dunia.nyata nan…huwaaaa

         
      • nanda

        April 3, 2015 at 12:11 pm

        Yahhhh gagal dech nntn org berantemnya

         
  7. sapphiree

    April 2, 2015 at 10:06 pm

    oke hubungan antara siwon sama ibu tiri kini sudah mencair tinggal bagaimana nanti sama ayahnya”” shilla bener bener jadi penasehat yg baik buat siwon

     
  8. sapphiree

    April 2, 2015 at 10:13 pm

    akhirnya siwon yijung membaik; tinggal sama anaknya apa yg di omongin shilla ternyata betpengaruh bgt untuk siwon

     
    • shilla_park

      April 2, 2015 at 10:14 pm

      haha bagus dong siwon mau dengerin shilla haha

       
  9. inggarkichulsung

    April 2, 2015 at 10:27 pm

    Yippie ada kelanjutannya seru bgt, finally Siwon oppa bs bersikap lbh baik dgn ibu tirinya, semua berkag Shilla dan kata2 menenangkan yg membuat Siwon oppa berpikir bahwa tdk sepenuhnya hanya pihak ibu tirinya yg salah dan tdk seharusnya ia sgt membenci ayahnya krn kondisi ini, apalagi stlh mendengar cerita Yijung tgg hal yg slm ini ia pendam, membuatnya u pertama kalinya memberikan pelukan menenangkan u ibu tirinya yg juga menderita krn kondisi ini, Kyu oppa sdh jujur pd Shilla kalau ia memiliki crush pd nha, namun mengingat dan melihat sikap kakaknya sgt berubah saat ini terutama saat2 skrg bersama Shilla membuatnya mencoba u melupakan perasaan cintanya u Shilla, daebak ff chingu, ditunggu kelanjutannya.. Gomawo

     
    • shilla_park

      April 2, 2015 at 10:36 pm

      hehe begitulah…pd dasarnya ga ada yg sepenuhnya jahat disini lol

       
  10. Rhuky93

    April 2, 2015 at 10:28 pm

    Hey Hey Hey. Long time no see.
    Hhahahhaa

    Akhirnya thu won buka dikit hatinya n Kyu bnrn harus rela krn dia sudah bs balikkan sm won. Jd kakak beradik yg akur n ga berebut wanita. Huhuhuu.
    Tinggal gmn won tahu perasaamya sndr sm shila. N shila jg gt
    Terus Kyu sm sp jee

     
    • shilla_park

      April 2, 2015 at 10:37 pm

      yeah indeed its been so long ahha
      nanti jg kakak adik itu baikan kok…haha

       
  11. M a r u g u r l 1 9

    April 2, 2015 at 10:49 pm

    Shilla-ssi!!!
    Merindukanmu sangat!
    Bolak-balik update ke blog ga ada lanjutan, sedih. Tapi malem ini aaaaaaaaaa
    Tapi lanjutannya juga keren
    Berhasil bikin hati bolak balik.
    Satu sisi seneng liat moment shilla siwon, tapi… kisah mereka emang terlalu pelik T.T saling menyakiti sedang kenyataannya bisa saling memahamiT.T
    Aaa next chap di tunggu banget!
    Jangan hilang seperti ini lagi yaaaa

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 7:10 am

      haha maaf y buat kalian menunggu lama haha
      kenyataanya mereka hanya terlalu enggan utk mengakui haaha

       
  12. nychoicy

    April 3, 2015 at 2:03 am

    alhamdulillah, akhirnya Ya Allah.. asli kangen banget kak, ampe lupa kudu flashback dlu ep sblmnya haha.. kirain kmrn itu bcanda lho kak, taunya si papa bneran pulang mski smpt terhalang kuota lol.. dan itu apa pulang2 ud pangku2an aja di sofa, belai2, peluk2.. aku kan jg mau, huhuu #lah

    dan alhamdulillah (lagi) yaa, akhirnya perlahan smw mulai menghangat(?) #apaan. yakin bgd lah, ga lama lg hub keluarga ini smakin baik *sokiyabanget kkk. nunggu kabar baik lg aj dr spasang manusia itu, dating, married, atau apa kek gt kalian ah #maksa haha.. dan sihiiiiyy, ad yg ngaku crush on ama shilla, mski milih mundur cantik demi hyung nya..

    sudahlah, haha.. anw tenkyu soooo much y kakak, msh mw lanjutin ff ini.. mw aku kasi peluk cium jg, pasti kakak gak mau kan.. ysudhlah.. dtunggu kelanjutannya y kakak.. mumumu :*

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 7:14 am

      saya kan ga pernah bercanda kalo masalah papa ci lol…. kan saya udah pernah bilang kan kalo saya lg mangku papah dulu itu…haha
      tenang aja nanti ada saatnya ss kopel beneran menghangat memanas bahkan (?)
      sama2 ci…saya ga butuh ciuman kamu saya butuhnya si papa ga macem2 d wgm…*masih syok*

       
      • nychoicy

        April 3, 2015 at 10:13 am

        jd wktu dlu prnh blg lg mangku papah itu. . . bhahahaa.. tau gt aku relain deh kamu mesra2an sm si papah kak, biar ga stgh abad gini nungguin papah pulang kkkk. hihii^^
        wgm ini kak, wgm. gmna mw ga macem2.. psti lah.. klo ga macem2, ntr rating rendah kak huhuu. siap2in hati mulai skrg y kak..

         
      • shilla_park

        April 3, 2015 at 11:19 am

        Yoi…trus kamu larang si jdny mandeg kan mesraan sama papah…makany kalo saya lg mesraan sama papa jgn dlarang y…haha….
        Huwaaaa…papa nikah aja si beneran drpd nikah wgm

         
      • nychoicy

        April 3, 2015 at 1:13 pm

        ya abis gayamu suka ngeselin kak, klo lg mw mesra2an sm sih papah.. mkanya suka saya larang, bhahaa.. #kemudianditampol ^^v
        he’ehh pah, lebih rela kamu nikah beneran aj ga ush yg boongan gini.. huhuu

         
      • shilla_park

        April 3, 2015 at 2:16 pm

        Y udah nanti saya lbh umbar kmesraan…haha… kalo dia nikah beneran kek umin keknya ane ga segininya haha

         
      • nychoicy

        April 3, 2015 at 3:44 pm

        yaya serah sih kak, asal umbar2ny ga bikin eneg bgd jg ga mslah lah.. asal next part bs cpt publish jg, silahkan deh.. puas2in dr skrg klo perlu kak, sblm ntr kehilangan mood liat papah lovey dovey an ama top model kak.. haha #makinkesel

         
      • shilla_park

        April 3, 2015 at 6:02 pm

        Nah saya takutny nanti saya perang dingin ama papa gegara wgm…huks

         
      • nychoicy

        April 4, 2015 at 7:50 am

        ya trus ntar kakak mendeg lg lanjutin apf.. y udin lah, alamat stgh abad lg baru si papah pulang, gegara perang dingin ama mama.. oh noooo!!
        kakkk, asli bitterswit bgd ini kak, byangin dia d wgm kak. huhuu

         
      • shilla_park

        April 4, 2015 at 9:17 am

        Haha baru jg stengah abad ci…msh bentar lah itu haha…hadeeuuhhh wgm oh wgm

         
  13. LEVHA NURY

    April 3, 2015 at 4:15 am

    Huhuhuuuu. Selalu butuh tissue kalo baca cerita ini.
    Setelah sekian lama, akhirnyaaaaaa
    aku ga akan jd egois, dg meminta lbh bnyk, aku blg bhw aku puas dengan part ini.

    Yaaa pada dasarnya cinta itu fitrah. Tapi bagaimana cara mengaplikasikannya.
    Menjadi egois ‘sedikit’ nyata-nya berimbas ke semua hal dan semua pihak. Tapi hati memang sulit untuk dimanipulasi. Tepatnya tidak bisa. Kalo siap jatuh cinta harus pula siap utk merasakan sakit bukan hanya bahagia semata.

    Moga lekas dtg next part nya
    화이팅 실라 씨

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 7:15 am

      haha ini ga sedih kok neng haha…
      makanya berhati2lah kalian dalam bercinta (?) hehe

       
  14. baddestkyu

    April 3, 2015 at 4:56 am

    Omg finally after a long long long time hahahaha lebay ff yg ditunggu keluar jg seneng jg bacanya setelah sekian lama siwon mau membuka diri ke eomma tirinya yg msh bikin penasarannn kapan siwon sama shilla bersatu gaada dari mereka nihh yg start, semoga next chapter gaada sedih2an lagi dehhh mereka harus ngerasain kebahagiannya jg🙂

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 7:16 am

      tennag aja…ada waktunya kok buat shilla and siwon haha

       
  15. monkeye

    April 3, 2015 at 6:32 am

    Finally…. after a year (5 months actually) PF comes back. Been awhile since i read your story. Smoothly flow smoothly written , what do i expect more? Wish next update won’t take this last upadate. (pputake…) kkkkk. Enjoy your job anyway. Early months of the year always be a busy time. And ramadhan closing in….thats even more make me bussier, thinking n doing. abaikan. grammarku kmana pula ni. Anyway welcome back Shilla sii kkkk. Next update gonna be…….. next week? kkkkkkkk (just kidding). enjoy the work and the world. kkkkk.

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 7:19 am

      well i never intended this story to flow fast so yeah im enjoying it smoothly lol…
      i was always busy at the end of the year but i never expected to be busy at the early year but i guess i cant hope much with my new position huks…
      haha i dunno when i will update, hopefully soon dear

       
  16. vievieevie

    April 3, 2015 at 7:44 am

    kyaaa…shilla ya you back,,,i missing you so bad..
    kkkk
    as always your story make me cry….tapi ak seneng siwon susah ta sedingin itu…menantikan siwon yg kembali baik pasa kyuhyun and ofcourse wait for the sweets shilla siwon moment..kyaa..kya…

     
  17. vievieevie

    April 3, 2015 at 7:45 am

    kyaaa…shilla ya you back,,,i missing you so bad..
    kkkk
    as always your story make me cry….tapi ak seneng siwon sudah ta sedingin itu…menantikan siwon yg kembali baik pasa kyuhyun and ofcourse wait for the sweets shilla siwon moment..kyaa..kya…

     
  18. vievieevie

    April 3, 2015 at 7:45 am

    kyaaa…shilla ya you back,,,i missing you so bad..
    kkkk
    as always your story make me cry….tapi ak seneng siwon sudah ta sedingin itu…menantikan siwon yg kembali baik pada kyuhyun and ofcourse wait for the sweets shilla siwon moment..kyaa..kya…

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 8:34 am

      Miss you too…there is time when Siwon would be all sweet to her haha

       
  19. Arangchipy everlasting clouds

    April 3, 2015 at 8:11 am

    Sakitnya kerasa banget pas baca eonnie…….
    Karna shilla siwonnie lebih melembut… Aku suka couple ini… Kkkk~

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 8:35 am

      Bukan karna shilla…shills cm jd katalisator doang kok…lol

       
  20. disneytisa

    April 3, 2015 at 9:19 am

    It’s been a year kakak tapi akhirnya muncul juga diperedaran manusia hahaha~~~~~
    Really miss this couple :****

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 9:21 am

      Berasa eke bukan manusia deh…lol

       
      • disneytisa

        April 3, 2015 at 9:23 am

        Hwahaha abisnya ngilang dari peredaran secara mendadak xD
        Duuuhhh~ saya hanya menunggu disaat saat dimana shilla dan siwon saling mengatakan bahwa mereka saling mencintai (~^O^)~
        Ayooo next chap jgn sampe harus nunggu tahun depan lg kak

         
      • shilla_park

        April 3, 2015 at 11:14 am

        Haha justru saya berecana.taun depan biar seru…lol

         
  21. yesungwife

    April 3, 2015 at 9:32 am

    hyaaaa . in a year ini mah ..hahahaha astaga..astaga
    astaga.tenang aja unn.mash dpet feelnya kok

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 11:16 am

      Syukurlah kalo msh ada…udah lama soalnh jd tangan ama feel saya kaku lol

       
  22. agnia annisa

    April 3, 2015 at 10:40 am

    Eunniiiiiiiiiiiiiiiiii
    Nan jeongmal bogoshipo!!
    Alhamdulillah eunni muncul lgi,,perasaan baru kemaren ak ga ngcek blog ini,,ternyata kemaren eunni ngepos. Padahal sblumnya ak ngecek terus tiap hri selama 5 bulan..
    Ak sempat berfikir eunni sakit,,abis ga nongol2,
    Eunni hbis ini jgn hilang lg ya,,,ak hmpir frustasi nungggu ff eunni
    Ok ok ok. Eunnni ak mau baca dlu ya,,,soalnya saking senengnya ak comment dlu padahal bmm bca
    Eunni. saranghamnida

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 11:20 am

      Haha y ampyun ini komen panjang ternyata blum baca…yaudah sana baca dl.haha

       
  23. Umi_ali

    April 3, 2015 at 11:50 am

    Whoaaaa……sekali muncul langsung luar biasaaaa
    Aq sampe nangis bombay bacanya, terharu banget…
    Cinta, ibu, anak… Whuaaaa…kereeeen deh pekoknya… 😍😍😍

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 12:41 pm

      Syukurlah klo ga mngecewakan…pd dasarny ga ada yg salah dgn cinta

       
  24. elfishysme

    April 3, 2015 at 11:53 am

    akhirnya ni ff dilanjut juga, kirain bakal berhenti ditengah jalan.

    perlahan siwon mulai mencai ga cuma didegan silla.

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 12:43 pm

      Tenang aja pasti saya beresin kok meski lama haha

       
  25. Elisa Risca

    April 3, 2015 at 1:13 pm

    God…. update…. thanks sis. Love you… siwon love you so much.

     
  26. arayawiparinee

    April 3, 2015 at 3:24 pm

    udah bolk balik wp buat cek ff ini udah di post belom dan akhirnya sekarang udah di post.. haha ya ini udah berbulan bulan heh wkwk ayo dong itu kpn jadiannya yang beneran Siwon Shilla. Siwon udah mulai maafin ibunya Kyuhyun.

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 6:00 pm

      Bikin petisi aja biar siwon jadian haha

       
  27. rahmah03

    April 3, 2015 at 7:04 pm

    Long time no see shilla…..akhirnya nongol juga ff a perferct facade part 19……^^

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 10:00 pm

      Yeah indeed it’s been so long hehe

       
  28. shellychibi2

    April 3, 2015 at 8:15 pm

    Wooww…
    sudah laaaaaaammmmmmmmaaaaaaaaàaa sekalI..
    akhrnya…
    fiuhhh…
    trnyata mereka pnya luka sndiri2,,
    ksian jg sma emaknya kyu,,
    tpi ttp aja petaka brsumber dr dy,,
    itu mnurut w sihh..
    hmmm…
    gmna klnjutan hbngn ny siwon shilla?
    bkal ttp gni aja smpe kring? Atw ?????????
    Jeng jeng jengg…
    next

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 10:02 pm

      Apanya yg kering nih haha…kita liat saja nanti ya haha

       
  29. Atika clalu ceria

    April 3, 2015 at 9:25 pm

    alhamdulillah ada lanjutan kisah oppa siwon ni
    Gomawo eonni.
    waw…aku ngk terlalu pandai dlm memberi sebuah masukan.tp agaknya cerita ini udh mulai kelihatan bakalan berakhir happy ending.aku suka suka
    fighting eonni buat the next chapter.aku maunya oppa jadian sm shilla eonni.
    terima kasih eonni

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 10:03 pm

      Haha saya jg berharapny happy end tp y entahlah nanti gmn haha

       
  30. irsya.wonkyu407

    April 3, 2015 at 9:37 pm

    emailku eror nih ga nerima notif…..biasana begitu update langsung cussssss kesini huhu
    kmren2 tiap hari cek udh ada terusannya apa blm…kmrn sekalinya ga cek eh udh ada aja part 19 huhu
    tp akhirnya ya…km mau meluangkan waktu buat part ini eon…..
    seneng deh part ini smua jd lebih jelas.kekna siwon jd lebih melunak (?) ya hahaha
    eh btw eon….km dicempaka putih kan ya? maen maenlah kecililtan😀

     
    • shilla_park

      April 3, 2015 at 10:05 pm

      Berhubung ni cerita blum tamat y jd hrus saya luangin waktu dong haha…jiah cililitan jauuhh macet lg wkwk

       
  31. betty chan

    April 3, 2015 at 10:41 pm

    annyeong reader baru salam kenal thor.penasaran paRt slnjtnya thor

     
  32. tiwiw

    April 3, 2015 at 11:33 pm

    pas mau cek blog, ternyata lanjutannya udah ada
    akhirnyaaaaa hehe
    bang siwon kayaknya udah mau cair es nya tuh hahahaa
    bagus deh , suka banget ama interaksi shila-siwon pas di awal hehe.. siwonnya bener2 berasa kayak bocah hahahaa
    ditunggu lanjutannya, dan semoga cept update nya hahahaa
    FIGHTING!!!

     
    • shilla_park

      April 4, 2015 at 8:15 am

      Berasa siwon gunung es ye haha… Y pd dasarny siwon emang childish haha

       
  33. Siregar Sri Fauziah

    April 4, 2015 at 12:27 pm

    Oh My God, I really Miis U Dear…. :* and miss this couple…🙂
    Oh yeah,,,, not see you for years.. lol
    Hmm…. sisi Siwon yg lain terbuka ya dsni… ya krna si kuda udah cabut topengnya,,, hahahha
    Seneng bgt sma moment Wonppa dipangkuan Shilla and meluk Shila, tinggal mengungkapkan perasaan masing2 ni yg ditunggu… when?? when?? =.=

    Btw, tuh si Kyu bkin kaget aja ya orangny kirain bner2 “crush” tpi sykurlah ternyata “hanya”..🙂
    yahh.. dsni Wonppa sedikit melembut ya, tinggal bagaimana cara Shilla, keluarganya and diriny sndri buat tuh gunung es sepenuhnya hancur and jadi selembut sutra,,, #apalah.. >.<
    Lanjut… I'll alwas wait you… hihihi ..
    Fighting!!! Gomawo ^^

     
    • shilla_park

      April 4, 2015 at 3:28 pm

      Haha miss you too…ntar jg ada saatny siwon spenuhnya terbuka..tenang aja haha…jd kejawabb kan kalo kyu pernah suka jg

       
  34. Ai_nur

    April 4, 2015 at 2:13 pm

    hallo kaka ? salam kenal. saya baru baca ff ini. ff nya bagus, saya mau minta izin baca dari part 1 .

     
  35. miss K シ

    April 4, 2015 at 4:14 pm

    kanggggeen banget sama tulisanmu..
    Yay.. Lilis kembali ^^)/
    Siwon ma Shilla ni yaa makin mesra aja..😄
    ikutan seneng akhirnya Siwon mulai terbuka.. udah baikan juga sama mamanya Kyu :’)
    Ntar mudah2an setelah ini hubungannya dg Kyu dan Ayahnya juga baikan.. aminn..
    Tapi aku jadi kepikiran Kyu sih.. semoga dia bisa cepet move on(?) terus ketemu aku, LOL😄

    Intinya.. aku nunggu part berikutnyaa🙂

     
    • shilla_park

      April 4, 2015 at 5:40 pm

      Hehe iya eon… tenang aja nanti ss kopel bakal lbh mesra kok hehe…jd jeje udah pergi langsung pindah k kyu nih? Haha

       
  36. septinahandayani

    April 4, 2015 at 4:55 pm

    Annyeong eon , saya reader yang baru sempet komen *mian . Suka banget sama tulisan eoni yang bisa buat aku greget .
    Semangat terus buat nulis eon , ditunggu part selanjutnya🙂

     
    • shilla_park

      April 4, 2015 at 5:41 pm

      Hehe anyeong…thanks for liking my story hehe

       
  37. ditya

    April 4, 2015 at 8:07 pm

    Akhirnya update juga. ….
    Wah Siwon sudah mulai terbuka ..
    Semoga happy ending ya.
    Di tunggu lanjutan ny🙂

     
  38. nief407

    April 5, 2015 at 3:49 am

    Ahhh shilla jingkrak2 saking snengny akhirny update jg…..walaupun hti ni lg g rela wonnie oppa ikut wgm huhuhu …tp liat twit oppa td mlm mlh gue ngerasa bersalah…mian mlh curhat hihihi…btw suka ma semua part.. jempol deh buat shilla yg ngerti bgtt ma oppa…akhirny oppa baikn jg ma omma ny kyuhyun…seneng2…

     
    • shilla_park

      April 5, 2015 at 5:03 pm

      Sudahlah…saya saja sudah merelakan abang d wgm haha

       
  39. jangrihyun

    April 5, 2015 at 8:29 am

    ya Tuhan lama banget gak nongol. sekali nongol bikin geregetan…

    siwon udah mulai buka hati buat keluarganya. itu bagus sekali
    shilla bener2 gak paham maksud kyu atau pura2 gak paham siih??? kan udah jelas banget itu
    hhhmm… semangat siwon-a

     
    • shilla_park

      April 5, 2015 at 5:06 pm

      Loh kan shilla polos ttg perasaan kyu haha

       
  40. miss en'

    April 5, 2015 at 6:01 pm

    Akhirnyaaaaaaaaaaa dirimu muncul juga kepermukaan kita2 khawatir kmu lg sakit tp yg paling takutnya sih bi ff bakal kmu dilupain..

    Thanks udah comeback *hug*

     
    • shilla_park

      April 5, 2015 at 6:42 pm

      Hehe maaf bikin khawatir kalian…meski saya ga tahu kalian yg dmksud ini siapa lol…ga bakal saya lupakan kok, saya gasuka mutusin d tengah jalan jd ni ff pasti saya kelarin meski entah kapan haha

       
  41. zheacharoline

    April 5, 2015 at 7:09 pm

    Ya ampunnn kak doh IM SHOKKKKKKK. UDAH PRUSTASI AKUT INI KOK LAMAAAAAA BANGEEET KANGENNN INI COUPLE KAK. DAN YA AMPUN THANKS U KAK UDH MAU LANJUTIN YAAAAA. AKKKKHHH. HAHAHAHA. SORRY CAPSLOCK JEBOL. EUUM INI TERASA PENDEK SERIUS. KIRAIN MASIH LONG CHAPT EH UDAH TBC -,- . DUH KAK GUE KOK RADA KESIAN SAMA BANG SIWON DISINI. MENGURAS AIR MATA BANGET UNTUK PART INI XIXIXIX. SEMOGA NEXT CHAPNYA JANGAN LAMA2 YAA KAK. INI UDAH SETAHUN LEBIH LOH. :V . TAHUNNYA YG GANTI *PISS*

     
    • shilla_park

      April 5, 2015 at 7:31 pm

      Haha caps ny diinjek siapa itu amoe jebol haha … Y siwon kan emang saya nistakan dsini haha…Y ampyun ini udah panjang gila tau neng haha

       
  42. uni

    April 5, 2015 at 8:53 pm

    Demi apa ya seneng bgt shilla eoni update.. makasi dah sempet2in update di sela kesibukan. Moga part depan dpt kabar ss couple jadian.. hoho,. salut sama sikap siwon yg mau mencoba memafkan eoma tirix, kalo aq mah dah ngamuk2 minta appa nya cerein eoma tirix.. sadis,. Next part ditunggu eon, moga ga selama yg kmren..

     
    • shilla_park

      April 9, 2015 at 7:26 pm

      Hehe sama2 neng…haha ya ga mungkin nyuruh nyerein juga kali neng…udah gede ini semuanya haha

       
  43. nadeeia

    April 6, 2015 at 12:02 am

    setelah menunggu sekian lama akhirnya update juga… hampir putus asa menunggu lanjutan ff ini… next partnya tetap setia ditungguin…

     
    • shilla_park

      April 9, 2015 at 7:26 pm

      haha jgn putus asa,,,,pasti saya kelarin kok ini ff haha

       
  44. nanash

    April 6, 2015 at 3:17 pm

    thorrrrr akhirnyaaaa
    wihhh siwon ama shila nya cepet jadi donggg
    daebak thor lanjut yahhh jan lama” muehehee 😉

     
    • shilla_park

      April 9, 2015 at 7:27 pm

      haha jadiannya mah tergantung abang siwon kapan jadiinya haha

       
  45. yue

    April 6, 2015 at 11:09 pm

    i miss u so much >< .. alot of author go on hiatus after sungmin's married, i though you do T.T bt im wrong guess ^^

    shilla knows her feeling ^^ feel relieve, at least one of them wont do stubborn thing ^^ make siwon move please ^^

    and welcome back and fighting and good luck on whatever you're workin on ^^ i'll see you soon on 20th right kkkkkk~~

     
    • shilla_park

      April 9, 2015 at 7:27 pm

      miss you too dear…no, i’m on hiatus not because of sungmin haha…
      thank you hehe

       
  46. DonghaEtha

    April 7, 2015 at 1:32 pm

    Makasih udah tetap lanjut cerita ini kak, after a loooooong waiting hhe. Senang bisa ngeliat siwon sudah sedikit berdamai sm perasaannya di part ini. Semoga di part berikutnya semakin banyak berita bhagianya hhi. Gumawo🙂

     
    • shilla_park

      April 9, 2015 at 7:28 pm

      damainya baru dikit doang juga kok haha

       
  47. greyisme

    April 7, 2015 at 2:39 pm

    Akhirnya lanjutannya muncul juga. I really miss this FF very much eonnie. Thank u for update.

     
    • shilla_park

      April 9, 2015 at 7:28 pm

      and thanks for reading dear…hehe

       
  48. nauli hasibuan

    April 8, 2015 at 12:39 pm

    akhrnya dtg jga, moga di part brkutny lbh cpt..

     
  49. chelsy

    April 8, 2015 at 6:47 pm

    Hmmm.. akhirnya nongol juga ini part.
    Senang nya :-D:-D:-D

    Aq suka part ini, mulai belajar menerima ibu nya. Mengerti seperti apa derita yg ditanggung juga.

    Penasaran sama kondisi ayah setelah operasi. Apa akan ada kejutan ?? He

     
    • shilla_park

      April 9, 2015 at 7:29 pm

      hehe kejutan? ultah siwon udah lewat jadi ga ada kejutan deh keknya…lol

       
  50. Bubble Gum

    April 8, 2015 at 9:06 pm

    Halo kak aku reader baru, cara kaka nyampein isi cerita ff ini keren bgt #acung jempol deh
    syukurlah siwon mau terbuka dan memaafkan ibu tirinya, semua cast menyimpan rasa sakit masing-masing jd pas kebuka semuanya mereka jd sadar akan kesalahan masing-masing, hehehe
    siwon lamar aja shilla nya, udh saling nyaman inihh
    ditunggu kelanjutannya kak

     
    • shilla_park

      April 9, 2015 at 7:29 pm

      halo juga hehe..yoih…pada ga ada yg sepenuhnya jahat kok disini haha

       
  51. Miss Dhe

    April 9, 2015 at 12:02 am

    Alhamdulillah…. akhirnya wonnie the pooh oppa kembali juga dengan begitu banyak air mata diproduksi… tapi lumayan lega dengan menurunnya klimaks… semoga happy end nantinya…… ditunggu part selanjutnya, semoga tidak selama yg ini hehehe, semangat eonnie ^^

     
    • shilla_park

      April 9, 2015 at 7:29 pm

      sejak kapan siwon suka madu ampe disebut pooh lol…

       
  52. nurdianti dewi

    April 9, 2015 at 11:28 am

    anyeong eon, aku reader baru di sini, salam kenal,,
    izin baca ff ny ya eon

     
    • shilla_park

      April 9, 2015 at 7:30 pm

      salam kenal juga…sok atuh dibaca hehe

       
    • shilla_park

      April 9, 2015 at 7:31 pm

      salam kenal juga…sok atuh dibaca

       
  53. Nam Min Byul

    April 9, 2015 at 8:27 pm

    Astaga kenapa eonni baru keluar skrg. Apa sebegitu galaunya karena ada ss6 di indonesia atau krn siwon ikut wgm???

     
    • shilla_park

      April 13, 2015 at 9:25 pm

      haha hiatus saya mah ga ada hubungannya sama ss6 atau wgm neng haha

       
  54. Choi_kyuna

    April 10, 2015 at 5:12 pm

    Wowwwww…… aaahhh,,, seneng banget akhirnya ff ini update jg,,,… ya apyun,,, sukanya tingkat dewa….. heheh agak lebay,,,,
    Oke, aku udh berkali2 liat blog ini tapi ga datang2 kelanjutannya jadi sedih,,,, trus hari ini tiba2 kekikiran blog ini, pas buka, oh my God….ada updatenya,,, asik.,.,. eh iya, aku ninggalin jejak dlu nih sebelum baca, nanti kalo udh baca pasti ikutan koment,,,heheh

     
  55. Choi_kyuna

    April 10, 2015 at 6:01 pm

    Till next time???? Whoaaaa,,,, kapan unnie???? kalo boleh tau apa nih kesibukannya? Jd biar kami maklum kalo mesti ngu lama….

    Hmm…. smpet nangis, apa lg pas siwon ngrasa trnyata dia penyebab ibunya harus berjuang nahan sakit hati,,,, huhuhuh,,,,ttp smngat ya wonpa,,,,

    Di luar ekpektasi? Iya jg sih,,,, udh penasaran banget gmna kelanjutan hub siwon dg shilla,,,, tapi skyukur la, setidaknya siwon udh plong g nympan dendam lg,,,
    Okay, ditunggu kelanjutannya ya unnie

     
    • shilla_park

      April 13, 2015 at 9:28 pm

      haha let just say i’m busy working so that my days off were used to rest or getting refresh instead of writing lol
      haha nanti ada waktunya kok siwon sepenuhnya buka2an…lol

       
  56. tera kamil

    April 10, 2015 at 10:46 pm

    EONNIEeeeeeeee……. Akhrnyaa stlh skian lama eon muncul lg . jujur ya eon,bkan semata2 krna nunggu ff, tp liat eon nengok ini blog aja udh alhamdulillah. Seneng tahu eon dlm keadaan baik. Bca ff ini emg kdg bt aq nangiis eon, tp aq jg bsa dpet pljrn trkdg ad alsn dr dtiap tindakan seseorang .Dan memberi kesempatan ke2 bkan brarti kta bodoh, tp stiap orang memang pya hak untuk memperbaiki drinya.. Dan aku bersyukur eon,stiap orang tua didunia ini pasti ada klbhn & kelemahanya msg2, dan aku tidak menyesal dlhrkan jd ank mereka eon. Terimakasih untuk smua pljrn hdup yg eon tulis di ff ini.. Haah,rasanya seneng bgt tahu eon kembaliiii

     
    • shilla_park

      April 13, 2015 at 9:29 pm

      hehe iya alhamdulillah baik neng…makasih y🙂
      ya gausah nangis dong senyum aja haha
      syukurlah klo tulisan saya msh ada yg bisa dipetik …hehe

       
  57. monkeylatte

    April 11, 2015 at 6:31 am

    akhirnya batu akik melapuk juaa *siwonjuraganbatuakik.

    nggak nyangka mah siwon bkalan meluk yijung, udah ketebak pasti kyuhyun bakalan nguping hahahahaha. Btw, shilla ma siwon udah saling kode, hahaha.
    kalo siwon sm shilla? kyu sm sapa eon???
    buatin partnya kyu ketemu cewek lain dong eooonn🙂

    nice ff eonn, keep writin’🙂

     
    • shilla_park

      April 13, 2015 at 9:31 pm

      ini apalah pake batu akik haha…
      kyu lg diobral nih,.,ada yg mau? haha

       
  58. kikii

    April 11, 2015 at 7:39 am

    yeayyy eonni SHILLA comeback ^^)/

    i miss you Eonni🙂
    terus bikin aku penasaran sama cerita keluarga siwon

     
    • shilla_park

      April 13, 2015 at 9:31 pm

      hehe miss u too…kalo gt tetep setia ama lanjutannya ya haha

       
  59. Maulina

    April 11, 2015 at 3:51 pm

    Yeee…. Akhirnya di lanjut juga….. Walaupun bacanya telat,#pakebanget…..
    MISS U EONNI😀 :*
    Caphter depan lebih cepet yah ??😉

     
    • shilla_park

      April 13, 2015 at 9:32 pm

      saya ga pernah bs janji mau cepet update…ini aja molor lama bgt haha

       
  60. cha

    April 11, 2015 at 4:24 pm

    Yeahhh long time no see..
    Sering bgt nge-check tp gk pernah ketemu up date an terbaru..
    Aghh konfliknya beneran bikin hati jd remuk redam, rumiiiiiitttttt… Semua pihak tersakiti..
    Ahh y eon ada typo, pas kyu denger dan liat ibunya ama wonnie dia bilang siwon kakak iparnya padahalkan kakak tirinya, tp secara keseluruhan ceritanya ngena dihati🙂
    See at the next chap eon..😀

     
    • shilla_park

      April 13, 2015 at 9:32 pm

      klo hatinya remuk redam gawat dong ga idup lol…
      hoho again, sorry for typos😛

       
  61. lia

    April 15, 2015 at 7:09 pm

    Hampir stengah tahun!
    Lama banget aku sempet pikir jangan-jangan udah discontinue. New position? Situ naik pangakat! Kalo iya chukkae. Itu aj dlu lg malas comment

     
    • shilla_park

      April 19, 2015 at 5:09 pm

      haha engga lah…msh 3 bulan lebih kok haha

       
  62. yoenhee

    April 17, 2015 at 4:58 pm

    aaaaa seneng banget pas buka wp ini udah ada upderan baru…
    siwon lama kelamaan bakan memaafkan ayah dan ibu tirinya kurasa.. shilla memang membaw dampak baik untuk siwonn…
    semog siwon dan shilla mau mengakui perasaan masing” dan nggak ada ego lagi diantara mereka…
    next ditunngu

     
    • shilla_park

      April 19, 2015 at 5:09 pm

      pasti dimaafkan kok cuma pelan2 ga instan kek indomi lol…

       
  63. Anggia Anisa

    April 17, 2015 at 7:42 pm

    Aaaa…finally..eonni..!!
    Aku pikir eonni udah ga lanjut bkin ff ini lagi..
    Tapi, aku salah..!
    Gomawo..!!
    Terimakasih sudah comeback eonni..!!😄

     
    • shilla_park

      April 19, 2015 at 5:11 pm

      masih dilanjut kok ampe tamat lol

       
  64. nayakun

    April 19, 2015 at 10:16 pm

    eooni, wellcome back ^-^
    senengnya udh di lanjutin lagi ffnya
    bahagia nya baca siwon oppa udh baikan sma ibu tirinya
    smga cpt akur sama keluarga dan jadian sama mbak shilla nya ya

     
    • shilla_park

      April 26, 2015 at 8:01 am

      haha belum sepenuhnya baikan kok..cm membuka diri aja keknya haha

       
  65. rensreska

    April 21, 2015 at 8:54 pm

    atrttttgh akhirnya baca lagi…shilaaaaaaaaaaaaa. haha napa kok malah jd inget wgm nya si choi. ngrusak mood baca aku wkwkw

     
    • shilla_park

      April 26, 2015 at 8:03 am

      haha jgn diinget lah makanya haha

       
  66. Amal Elf

    April 24, 2015 at 8:07 pm

    Akhirnya muncul juga. Bagus seperti biasa. Tapi buat kyuhyun dan ibunya menderita sepertinya lebih baik.

     
    • shilla_park

      April 26, 2015 at 8:07 am

      haha kejam amat neng ama kyu ama emaknya

       
  67. L

    April 25, 2015 at 10:53 pm

    TvT baru muncul… Oh betapa kangennya sama couple ini

     
    • shilla_park

      April 26, 2015 at 8:07 am

      hehe sini peluk kalo kangen lol

       
  68. yui

    April 27, 2015 at 10:31 pm

    oh my
    setelah sekian lamaaaaaa
    hehe

    smoga abis ini mereka bisa saling terbuka
    udah saatnya rekonsiliasi
    hehe

    smangadh buat kerjaannya di kantor shilla
    smoga gag terlalu nyita waktu
    jd bisa lanjut bikin banyak cerita disini
    hehe

     
  69. monik

    April 28, 2015 at 10:49 pm

    Akhirnya keluar jga nie ff.
    q selalu nunggu.
    Hubungan siwon sma ibu tiri udah mulai membaik.
    tinggal hubungan siwon kyuhyun & ayahnya.
    siwon & shilla kpn nie jadian.pengen liat mereka ber2 romantis”an.

     
  70. Milkyu

    May 9, 2015 at 8:05 am

    Hua akhirnya muncul lagi setelah hilang beberapa bulan, miss you eonnie….
    Sedih baca part awal, sepertinya dah mulai ada titik terang nih di keluarga choi,
    Hia kyu ngungkapin juga paerasaannya sama Shilla,
    Salut deh sama hubungan Siwon n Kyunnie, mereka saling mengerti perasaan masing2, walupun ditutupin sama sikap dingin Siwon

     
  71. han gi

    May 10, 2015 at 5:47 pm

    hai….ka salam kenal. aku reader baru. suka banget ff ff kaka. heheheh

     
  72. nur kholifah

    May 14, 2015 at 12:30 am

    nunggu ff ne mpe jamuran lama bener publish ya
    akhirnya kgk nyesel dH nunggu lama tp lanjutanya daebak next part plizz jgn lama2 makin penasran dg lanjutanya

     
  73. Anderlettha Choi

    May 19, 2015 at 2:56 am

    I miss…aaaa ff ini bikin aq lumutan deh kayak seumur hidu nunggunya….
    Aku suka kata-katanya itu nyessss banget…
    Huh.. menguras emosi batin banget… aku kagum sama ibu siwon tapi tetap aja aku benci sama ibu kyu… gak tahu kenapa
    Ciye siwon shilla mulai nyaman nih ye
    Oke… fighting… aq akan menunggu cerita ini smpai kapanpun

     
  74. ngaisah

    May 22, 2015 at 9:23 am

    Maaf chingu aku udh baca dr part awal ampe ini tp baru comment di sini,,
    Tp sumpah keren, selalu bikin penasaran ma kelanjutannya…

     
  75. kyutheee

    May 26, 2015 at 9:52 pm

    Uuuwwwooowwww….. Iseng2 bertamu ksni, ternyata postingan baru ada dan itu bulan lalu, how poor i am! Ckckckckck.. Saking lupanya, mesti ngulang lagi di part sebelumnya…

    Ini siwon pura2 gak nyadar kalo dia udah jatuh cintrong ato gmna? Tapi syukurlah, satu persatu masalah terselesaikan..
    Smoga next gk tlalu lama…

     
  76. Dattie

    June 6, 2015 at 7:57 pm

    I miss you so bad uri Wonnie the Pooh -_^, kapan update lagi, Eon….?? kuangen berat sama karya2 Shilla Eonnie🙂

     
  77. willyaaziza

    June 22, 2015 at 12:49 am

    Oh, post lanjutannya dong…

     
  78. rainlovegyu

    June 25, 2015 at 4:50 am

    finallyyyyyy after a long time right ?
    am i late ? wkwk
    this storyy make me jleebbb anyway =_=
    shilla that loved by kyuhyun and maybe siwon too
    i think that siwon slowly needs shilla anymore and kyuhyun like ‘he know his place that they’re only friend’
    the life conflict in this story i think its gonna be end wkwkwk and be replaced with the love conflict wkwkwk

    i’ll be more patient to wait the next chap this story
    its almost being 2 months and aku rakpopo wkwk

    fightinggggg authornim~

     
  79. miss en

    June 29, 2015 at 11:26 pm

    Duuuuh kangen shilla…
    Bang siwon nya shuting wgm trus sih kagak pulang2 ….

     
  80. Axel

    July 26, 2015 at 4:12 pm

    ayo dong update yg 20

     
  81. Anonymous

    August 1, 2015 at 8:50 pm

    Unnie Comeback.

     
  82. @Wiwijung_

    August 1, 2015 at 8:51 pm

    Unnie Comeback.

     
  83. ninepisces

    August 9, 2015 at 2:55 pm

    wehhh lama muncul smpe aq lupa klo ada ff ini… sesuatu bgt kug!!!
    btw akhirnyaaa siwon belajar untuk membuka dirii!!!!
    ahhh g sabar sm klanjutannya!!!! yg slanjutnya jgn lama” yahh…. hehehehe:D

     
  84. L

    September 10, 2015 at 4:23 pm

    im reading this again TvT lanjutannya belum ada

     
  85. nayala

    September 12, 2015 at 12:51 pm

    Missssssss
    Missssssss
    Missssssss
    Missssssss
    Missssssss

     
  86. tiara uhay

    September 12, 2015 at 7:23 pm

    it`s great story… haii shilla im tiara one of your big fans…
    3days ago i found your ff.. n u know what? aku tidur jam 3 pagi untuk baca ff ini… keren sumpah.. bikin ketagihan… keep writing…u`re great

     
  87. miss en

    September 27, 2015 at 1:42 pm

    Shillaaaaaa masih sibuk ya..😦

     
  88. Dattie

    October 17, 2015 at 2:59 pm

    i miss siwon oppa badly T_T setiap kali browsing aku sempatkan mengintip kalau2 sudah update. i really miss him, eon… T_T
    fighting!!!
    aku akan tetap menunggu kelanjutan ceritanya

     
  89. rad

    December 7, 2015 at 6:59 pm

    Kak ini gak bakal di lanjut lagi kah?? *masih nungguin* *masih bolak balik ngecek* ehehehehehehehe enjoy you life autornim :*

     
  90. melisa ep

    January 26, 2016 at 9:18 am

    mimin lanjut lagi dong ff nya bagus menarik ceritanya

     
  91. nae.ratna

    August 19, 2016 at 6:11 pm

    weeeehhh perlahan lahan siwon mulai bisa luluh nih kya.a
    shilla berpengaruh banget sama siwon, satu sama lain secara ga langsung saling terikat dengan perasaan nyaman.a itu looohhh….
    kkk
    ga sabar gimana klo siwon dah bisa terima dengan semua.a
    ^^

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: